BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Istilah teknologi dalam
konteks matematika sekolah merujuk terutama pada semua jenis kalkulator dan kom
puter, termasuk akses ke Internet dan sumber-sumber yang tersedia untuk
digunakan dengan menggunakan perangkat tersebut. Pernyataan posisi NCTM
(dikutip) dalam kaitannya dengan teknologi cukup jelas: Teknologi
merupakan sarana penting untuk belajar dan mengajar
matematika. Penting untuk tidak memikirkan teknologi sebagai beban tambahan
dari daftar apa-apa yang akan dicapai di dalam ruangan kelas Anda. Sebaliknya
teknologi seharusnya menjadi alat alternatif dari sekian banyak alat yang ada
untuk membantu anak belajar matematika. Dilihat sebagai bagian utuh dari
alat-alat pembelajaran Anda, teknologi dapat memperluas lingkup materi
pelajaran yang dapat dipelajari siswa dan dapat memperluas soal yang dapat
dikerjakan oleh siswa (Ball & Stacey, 2005; NCTM Position Statement, 2003).
NCTM memberi perhatian
terhadap pentingnya teknologi dengan menjadikan teknologi sebagai salah satu
dari enam prinsip dalam dokumenPrinsip-prinsip dan Standar.
Penggunaan kalkulator
dan piranti lunak komputer (termasuk aplikasi berbasis Internet atau
"applet") di tekankan pada buku ini, khususnya dapat ditemui pada
kegiatan-kegiatan dan program-program tertentu dimana kedua macam teknologi ini
cocok untuk digunakan. Tujuan dari bab ini adalah untuk mengungkap teknologi
dan pen gajaran matematika dengan suatu cara yang lebih umum sehingga Anda akan
dapat membuat pernyataan-pernyataan ten tang penggunaan teknologi secara benar
dalam daftar alat pengajaran Anda.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Kalkulator
dalam Pelajaran Matematika
Pendidik matematika
telah lama memahami manfaat kalku lator dalam belajar matematika. Sejak 1976,
NCTM telah mempublikasikan bermacam-macam artikel, buku-buku. dan pernyataan
posisi, semuanya menyarankan penggunaan kalkulator secara reguler dalam
pengajaran matematika pada semua tingkatan. Pada pernyataan posisinya tahun
2005 tentang perhitungan dan kalkulator, NCTM menjelaskan pan dangannya yang
telah berlangsung lama bahwa ada tempat yang penting dalam kurikulum untuk
pengunaan kalkulator dan pengembangan berbagai jenis keterampilan perhitungan.
(www.nctm.org).
Sayangnya penggunaan
kalkulator setiap hari di masya rakat, dan juga dukungan profesional untuk
penggunaan kalkulator di sekolah, kurang mendapat sambutan di ruang kelas
matematika, terutama pada tingkat sekolah dasar. Hambatan penggunaan kalkulator
telah berkurang tapi tidak hilang. Suara miring dari mereka yang tidak setuju
dengan gerakan perubahan dalam pengajaran matematika sering memandang
penggunaan kalkulator sebagai pembuat bodoh kurikulum. Pandangan mereka sering
mempengaruhi orang tua yang menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Orang
tua harus lebih waspada pada kenyataan bahwa penggunaan kalkulator tidak akan
menghalangi anak dalam mempelajari matematika. Selain itu, orang tua harus
belajar bahwa pema kaian kalkulator dan komputer dibutuhkan oleh siswa dalam
memecahkan soal. Kalkulator selalu menghitung sesuai dengan input yang masuk.
Kalkulator tidak dapat mengganti pemahaman.
Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit
tutorial tentang cara membuat kalkulator sederhana dengan menggunakan Delphi.
Versi yang saya gunakan disini adalah versi 7. Bagi para pembaca yang sedang
belajar atau mencari tutorial tentang pemrograman Delphi, mungkin postingan ini
bias bermanfaat bagi anda meskipun hanya program sederhana ^o^
Langsung saja,, inilah hasil yang akan kita buat :;

Langsung saja,, inilah hasil yang akan kita buat :;

Untuk membuat kalkulator seperti gambar diatas, maka dapat kita lakukan dengan langkah-langkah berikut :
1. Buka program Borland Delphi 7 Enterprise
Click Start ? Program ? Borland Delphi 7 ? Delphi 7
2. Setelah muncul Form baru pada halaman Delphi 7, maka tambahkan beberapa komponen Standar pada Form1. Komponen yang ditambahkan yaitu :
-Edit1
-Label1
-Button1, Button2, Button3, Button4, Button5, Button6, Button7, Button8, Button9, Button10, Button11, Button12, Button13, Button14, Button15, Button16 dan Button 17
Bisa dilihat disini ^o^

3. Aturlah property setiap komponen tersebut seperti gambar dibawah ini dengan rapi seperti gambar dibawah ini :
4. Agar mempermudah dalam pemberian sintax nanti, Aturlah property Name dan property lainnya pada setiap komponen seperti berikut ini :
Disini untuk mengaturnya ?
--Untuk Edit1 :
Color: clGray
Font: (Comic Sans Ms, Bold, 16)
Name: Edit1
--Untuk Label1 :
Caption: Kalkulator Pintar !!!
Color: clGray
Font: (Comic Sans Ms, Bold, 16)
Name: Label1
--Button1 sampai dengan 17:
Font: (Comic Sans Ms, Bold, 14)
Caption Name
Button1 1 num1
Button2 2 num2
Button3 3 num3
Button4 4 num4
Button5 5 num5
Button6 6 num6
Button7 7 num7
Button8 8 num8
Button9 9 num9
Button10 0 num0
Button11 C clear
Button12 = smdg
Button13 / bagi
Button14 * kali
Button15 - kurang
Button16 + tambah
Button17 exit keluar
Bisa dilihat pada Object TreeView berikut >,>
5. Kemudian masukkan sintax pada setiap button :
--Double click pada Buttonnum1 dan masukkan :
edit1.text:=edit1.text+num1.caption;
seperti ini
Sama halnya dengan Buttonnum1, Buttonnum2 sampai dengan Buttonnum0 pun demikian..
--Double click Buttonnum2 dan masukkan sintax :
edit1.text:=edit1.text+num2.caption;
--Double click Buttonnum3 dan masukkan sintax :
edit1.text:=edit1.text+num3.caption;
--Double click Buttonnum4 dan masukkan sintax :
edit1.text:=edit1.text+num4.caption;
--Double click Buttonnum5 dan masukkan sintax :
edit1.text:=edit1.text+num5.caption;
--Double click Buttonnum6 dan masukkan sintax :
edit1.text:=edit1.text+num6.caption;
--Double click Buttonnum7 dan masukkan sintax :
edit1.text:=edit1.text+num7.caption;
--Double click Buttonnum8 dan masukkan sintax :
edit1.text:=edit1.text+num8.caption;
--Double click Buttonnum9 dan masukkan sintax :
edit1.text:=edit1.text+num9.caption;
--Double click Buttonnum0 dan masukkan sintax :
edit1.text:=edit1.text+num0.caption;
--Pada Buttonclear, doubleclick dan masukkan sintax dibawah ini :
edit1.Text:='';
label1.Caption:='hapus';
--Pada Buttonbagi, doubleclick dan masukkan sintax :
STR:=edit1.Text;
edit1.Text:='';
label1.Caption:='bagi';
OP:=4;
--DoubleClick Buttonkali, dan masukkan sintax :
STR:=edit1.Text;
edit1.Text:='';
label1.Caption:='kali';
OP:=3;
--Doubleclick Buttonkurang dan masukkan sintax :
STR:=edit1.Text;
edit1.Text:='';
label1.Caption:='kurang';
OP:=2;

--Doubleclick Buttontambah dan masukkan sintax :
STR:=edit1.Text;
edit1.Text:='';
label1.Caption:='tambah';
OP:=1;
--Doubleclick Buttonsmdg dan masukkan sintax :
if OP=1 then edit1.Text:= floattostr(strtofloat(str)+strtofloat(edit1.Text))
else
if OP=2 then edit1.Text:= floattostr(strtofloat(str)-strtofloat(edit1.Text))
else
if OP=3 then edit1.Text:= floattostr(strtofloat(str)*strtofloat(edit1.Text))
else
if OP=4 then
edit1.Text:= floattostr(strtofloat(str)/strtofloat(edit1.Text));
label1.Caption:='sama dengan';
--Double Click Buttonkeluar dan masukkan sintax :
if MessageDlg('Apakah Anda ingin keluar ?',mtConfirmation,[mbyes,mbno],0)=mryes then
begin
Close;
end
else
if MessageDlg('Apakah Anda ingin tetap di Form ini ?',mtConfirmation,[mbyes],0)=mryes then
begin
Form1.Show;
end;
6. Agar tampak lebih menarik, tambah image pada Form. Caranya :
pilih Additional ? Image
pada Property pilih Picture ? Cari gambar yang diinginkan ? OK
atur posisi gambar
Lihat disini ?

7. Setelah selesai, cobalah untuk merunning program tersebut (F9)
Selamat mencoba
No comments:
Post a Comment